Rabu, 26 September 2018

     
Home / Sosok / Tak Ingin Mesuji Terus Miskin

Tak Ingin Mesuji Terus Miskin

E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
MESUJI - Terus menggeliat itulah semangat yang dibawa Bupati Mesuji, Kamami guna mengentaskan sebahagian warganya yang masih berstatus miskin.

Khamami menceritakan bagaimana suasana kebatinannya masih tergelitik akibat sebahagian dari warganya yang masih belum memiliki mata pencaharian tetap. 

Oleh karenanya, berbagai upaya kini tengah ia bangun bersama warga. Diantaranya membuatkan kolam ikan untuk warga. Dengan alat yang dimiliki, kolam dengan ukuran 4 x 10 x 1m kini tengah dirintis dan dibangun.

"Warga yang ingin memiliki kolam ikan akan kita buatkan kolamnya. Selain kolam, terpal dan bibitnya akan kita beri. Dengan harapan mereka akan bisa menambah pendapatannya,"ujar Khamamik.

"Target utamanya, rumah tangga sasaran yang tidak memiliki lahan garapan atau penghasilan tetap, akan kita buatkan tiga kolam ikan untuk mereka memelihara ikan patin, lele dan belut. Mudah-mudahan jiwa enterprener dalam diri masyarakat meningkat. Dengan demikian, ekonomi mereka akan bergerak,"ujarnya. 

Selain pembuatan kolam ikan, Pemkab Mesuji juga tengah menggiatkan bantuan hewan ternak berupa bibit ayam dan bebek. Setiap kepala keluarga masing-masing akan dibantu 40 ekor. Disamping ada juga yan diberikan bantuan bibit sayuran seperti sawi, saicim, kangkung darat, wortel,dan cabe.

"Konsepnya nanti, khusus bantuan hewan ternak itu akan dikelola oleh Bumdes. Ketika sudah bertelur, boleh diambil telurnya kemudian ayamnya dijual. Akan tetapi hasil dari penjualannya harus dibagi dengan bumdes untuk dikembangkan lagi bagi masyarakat yang lainnya yang belum kebagian,"imbuhnya. 

Dikatakan Khamami, saat ini gagasannya tersebut sudah diterapkan di Desa Tri Karya Mulya, Kecamatan Tanjung Raya sebagai desa percontohan.  Bantuan lain yang diberikan kepada rakyatnya adalah bantuan perumahan layak huni (baperlahu) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Sementara, proses pembuatan kolam ikan akan ditangani dinas perikanan dan kelautan. Dari laporan yang diterima, tidak kurang dari 13 kolam setiap harinya terbangun.

"Saya harap segala inovasi yang diciptakan ini tidak sia-sia. Kedepan Mesuji harus jadi daerah produktif yang banyak menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi tidak ada lagi warga kita yang merantau jauh-jauh sampai keluar negeri untuk mencari pekerjaan,"tandasnya. [nara/lintas]



Berita Terbaru
Berita Lainnya