Rabu, 26 September 2018

     
Home / Politik / Ridho Kembangkan Beasiswa Anak Petani

Ridho Kembangkan Beasiswa Anak Petani

E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
BANDAR LAMPUNG - Kepedulian Calon Gubernur Muhammad Ridho Ficardo terhadap masa depan anak petani bukan lagi sekadar janji, namun telah terbukti. Ridho tidak saja memberikan bea siswa kepada anak petani, tetapi juga mempersiapkan lapangan kerja dengan mengembangkan perguruan tinggi vokasi dengan merekrut anak-anak petani. Pendidikan vokasi lebih menekankan sisi ilmu terapan dan mengarah pada tenaga siap pakai. Pendidikan vokasi ini terus dikembangkan Ridho di Politeknik Negeri Lampung (Polinela). 

Komitmen Ridho soal anak petani di implementasikan dengan menambah kuota beasiswa anak petani yang mengenyam pendidikan di Polinela. Kuota beasiswa ini sejak era kepemimpinan Ridho terus bertambah setiap tahun. Tahun lalu sedikitnya 125 anak mendapatkan beasiswa. Ke depan beasiswa ini akan ditambah menjadi 150 sampai 200 anak, kata Ridho.

Sosok Ridho Ficardo cukup dihormati  kalangan intelektual dan praktisi pertanian Lampung. Sebab, pemimpin muda ini mau belajar dan menghormati sejumlah tokoh pertanian Lampung. Di awal kepemimpinanya, sejumlah tokoh pertanian yang berskala nasional terus dimintai sumbangan tenaga dan pikirannya oleh Ridho. 

Salah satunya, Wakil Gubernur Lampung periode 2009-2014 M.S. Joko Umar Said. Dalam sejarah dirintisnya bea siswa anak petani, sosok Joko Umar Said memegang peran besar barsama tokoh pertanian Lampung lain, seperti Zainal Mutaqin (mantan Direktur Polinela) dan I Made Suwetja, ketua Ikatan Pensiunan Penyuluh Lampung.

Keteladanan Ridho tidak saja menginspirasi anak-anak petani, tetapi juga membangkitkan semangat untuk mencintai pertanian. Sebab, seperti diketahui, regenerasi pertanian menghadapi tantangan besar. Bahkan, Pemerintah merasakan ada kekhawatiran jumlah SDM pertanian akan menurun. Hal ini disebabkan peminat pertanian di generasi muda sangat rendah. Di pedesaan banyak anak muda yang bekerja di sektor industri di Jabodetabek. Oleh  sebab itu, untuk menjaga kesinambungan pertanian di pedesaan, Ridho yang terus mendapatkan ilmu pengetahuan dari M.S. Joko Umar Said mengambil kebijakan agar generasi muda terus dididik atau disekolahkan pertanian. Upaya Ridho berhasil. Regenerasi SDM pertanian bahkan diadopsi oleh pemerintah pusat untuk dikembangkan. aliyunsah/lintas



Berita Terbaru
Berita Lainnya