Minggu, 24 Juni 2018

     
Home / Olahraga / Untuk Emas, Kemenpora Tambah Dana

Untuk Emas, Kemenpora Tambah Dana

E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan sekitar 16 sampai 19 nomor pertandingan dari beberapa cabang olahraga (cabor) menjadi andalan Indonesia dan berpotensi merebut emas di ajang Asian Games 2018.

Dengan pertimbangan berpeluang menyumbang emas bagi kontingen tuan rumah Indonesia, 19 nomor andalan tersebut menjadi prioritas untuk mendapat tambahan dana dari Kemenpora.

Sebelumnya, Kemenpora menganggarkan Rp600 miliar dari total Rp735 miliar untuk 40 cabor. Nomor prioritas meraih medali emas akan mendapat tambahan dana Rp20 miliar dari pos anggaran olahraga prestasi Kemenpora.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana mengatakan nomor-nomor yang berpeluang mendapat emas antara lain berada di cabor dayung, bulu tangkis, paralayang, jet ski, bridge, pencak silat, wushu, sepatu roda, angkat besi, atletik, karate, dan taekwondo.

"Besaran tambahan dana yang diberikan bergantung pada jumlah medali yang diperebutkan dan juga kebutuhan uji coba cabor tersebut," jelas Mulyana di Jakarta, kemarin.

"Misalnya, jet ski harus training camp di AS itu berarti membutuhkan dana yang banyak, maka dari yang sudah kita berikan dari Rp 600 miliar akan kita tambahkan yang diambil dari dana Rp20 miliar itu," tutur Mulyana.

Mulyana menambahkan hingga hari terakhir penyerahan nota kesepahaman (MoU) Jumat (12/1), terdapat 26 dari total 40 cabor yang telah menandatangani MoU.

Sementara itu, cabor sisanya telah membawa pulang berkas MoU karena masih harus ditandatangani langsung oleh ketua umum atau sekretaris jenderal (sekjen) dari induk cabor.

"Kemarin yang datang ke kami sampai malam itu kalau tidak pelatih, ya manajer, padahal harusnya ketua umum dan sekjen datang langsung. Mereka harus menandatangani MoU dan juga surat pernyataan kesanggupan pertanggungjawaban keuangan yang diberikan sebagai bantuan dari pemerintah," jelas Mulayana, Dia berharap besok semua ketua umum atau sekjen induk cabor diharapkan telah menandatangani MoU dan menyerahkan kepada Kemenpora.micom/lintas



Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertise