Rabu, 26 September 2018

     
Home / Berita Utama / Didik: Jangan Terjebak Rutinitas

Didik: Jangan Terjebak Rutinitas

E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
TANGGAMUS -  Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno memaparkan, pemerintah daerah hendaknya tidak terjebak pada hal-hal rutinitas. Pemerintah harus fokus dalam hal melakukan pembangunan  daerahnya.

Hak tersebut dikatakan Didik saat membuka musrenbang Kabuaten Tanggamus (13/3).

"Partisipasi masyarakat penting. Masukan dari elemen dalam pembangunan harus dikedepankan. Agar kelak dalam hal membangun memang menjadi dasar kebutuhan. Bukan asal membangun,"ujar Didik pada lintaslampung.com.

"Meskipun musrenbang selalu dilaksanakan setiap tahun, namun Pemprov berharap kita tidak terjebak pada rutinitas sehingga hanya sekedar memenuhi kewajiban melaksanakan rangkaian proses perencanaan. Akan tetapi kita harus mampu memanfaatkan momentum ini benar-benar untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat dan seluruh stakholder pembangunan sehingga akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Didik.

Menurut Didik, untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa/Kelurahan. Oleh karena itu koordinasi, sinergi, partisipasi dan kontribusi antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan bersama.

Didik menyampaikan banyak prestasi yang telah diraih oleh Pemprov Lampung dalam kurun waktu 2014-2017 yang ditunjukkan dengan perbaikan beberapa indikator makro antara lain peningkatan indeks daya saing Provinsi Lampung naik menjadi peringkat ke-11 nasional dari sebelumnya peringkat ke-18 dan 14, penurunan angka kemiskinan dari 14,35 tahun 2015 menjadi 13,04 tahun 2017, peningkatan IPM dari 66,42 tahun 2014 menjadi 67,65 tahun 2016, pertumbuhan ekonomi selalu diatas 5 % dan selalu diatas rata-rata nasional serta, dan laju inflasi yang terkendali dari 4,65 tahun 2015 menjadi 3,02 tahun 2017.

Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota juga memiliki tanggung jawab untuk mendukung suksesnya pencapaian 5 (lima) prioritas nasional tahun 2019. Kelima Prioritas itu: Pembangunan Manusia melalui Pengurangan Kemiskinan dan Peningkatan Pelayanan Dasar, Pengurangan Kesenjangan Antar wilayah melalui penguatan Konektivitas dan Kemaritiman, Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi melalui Pertanian, Industri, dan Jasa Produktif, Pemantapan Ketahanan Energi, Pangan, dan Sumber Daya Air, serta Stabilitas Keamanan Nasional dan Kesuksesan Pemilu Tahun 2019.

Sementara itu, Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin mengatakan kegunaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus tahun 2018 ini adaah sebagai acuan dalam penyusunan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Tanggamus 2019. Sasaran yang ingin dicapai yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan berbagai aspirasi masyarakat.

Dengan APBD Rp1,64 triliun, Kabupaten Tanggamus memiliki 20 Kecamatan 299 pekon dan 3 kelurahan dengan jumlah Penduduk sebanyak 600 ribu jiwa. "Oleh karena itu Kegiatan Musrenbang dilaksanakan selama 3 hari ini, sinergisitas dan pembangunan bisa terwujud," kata Zainal. makmur/lintas



Berita Terbaru
Berita Lainnya


Lintas Politik

Akhirnya Hanan Hadap Panwaslu
article thumbnailSETELAH dua kali mangkir, Mantan Bupati Tulang Bawang (Tuba), Hanan A. Razak, akhirnya hadir...